Implementasi Algoritma Crochemore Perrin Pada Aplikasi Notasi Gamelan Berbasis Android


Authors

  • Tawar Hati, Indonesia

Keywords:

Notasi; Gamelan; Crocemore Perrin; Android

Abstract

Gamelan sendiri termasuk dalam jenis musik yang dimainkan secara bersama-sama (group) dengan alat musik lain untuk menciptakan alunan suara yang merdu. Bahkan dalam bermain gamelan juga mempunyai struktur dan aturan tersendiri yang diperlukan pemahaman dengan notasi atau disebut juga dengan not (kunci nada). Not merupakan harmonisasi dan kombinasi nada-nada yang dihasilkan ketika dimainkan secara bersamaan, not digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Algoritma string matching merupakan  pencocokan string yang bersifat mencari sebuah string yang terdiri dari  beberapa karakter (pattern) dalam jumlah teks yang besar. Untuk aplikasi notasi gamelan berbasis android dirancang menggunakan algoritma crochemore perrin. Algoritma crochemore perrin juga sering disebut algoritma Two Way algorithm. Algoritma ini memfaktorkan pattern menjadi dua bagian. Fase pencocokan pada algoritma ini terdiri dari dua bagian, pertama mencocokkan karakter pattern dari kiri kekanan, lalu mencocokan pattern kiri dari kanan ke kiri. Dengan menggunakan algoritma crochemore perrin pencarian notasi akan dilakukan dengan cara memasukan judul lagu atau penyanyi dikotak pencarian, maka akan muncul  notasi lagu yang dimaksud

Downloads

Download data is not yet available.

References

boby halim Lukmana, “penerapan algoritma crochemore perrin pada pencarian jurnal berbasis android,” vol. 17, 2018.

dany bleslauer, “saving comparisons in the crochemore perrin string matching algorithm,” 1996.

funny farady putri sola gratia, asahar johan, “pembelajaran notasi musik berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” vol. 3, 2015.

nur nafi’yah khotim hidayati, “aplikasi alat musik tradisional gamelan jawa berbasis android,” vol. 9, 2017.

E. Yeni Anistyasari, dan Rahmi Fitri Riyanto Sarno, Semantic Search. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Rini Agustina Dodit Suprianto, Ed., pemograman aplikasi Android. Yogyakarta: Medikom, 2012.

Nazaruddin Safaat, Ed., Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc. Bandung: Informatika Bandung, 2012.

Janner Simarmata, Ed., Perancangan Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

N. S. P. S. Harni Kusniyati, “APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID,” Tek. Infomatika, vol. 9, no.1, 2016.

A. Azhar, M. Nasib, A. Soeb dan B. Efori, “Implementasi Algoritma Horspool Pada Aplikasi Istilah Fashion,” dalam KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), Medan, 2019.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Algoritma Crochemore Perrin Pada Aplikasi Notasi Gamelan Berbasis Android

ARTICLE HISTORY

Submitted: 2021-12-02
Published: 2021-12-30
Abstract View: 22 times
PDF Download: 9 times